Welcome to our website !

Matryoshka

“I write to give myself strength. I write to be the characters that I am not. I write to explore all the things I'm afraid of.” ― Joss Whedon

The First Page Of Wonderful Indonesia

By Thursday, October 10, 2013 ,


Indonesia. Jika ada yang mendengar nama Negara yang satu ini, terutama para wisatawan yang pernah datang berkunjung, pasti akan berkomentar : Indonesia is extremely beautiful! Sebuah Negara kepulauan yang beruntai bak zamrud dari Sabang sampai Merauke yang menyajikan keindahan, keunikan, dan petualangan yang berbeda di setiap tempat yang Anda kunjungi. Keragaman. Itulah yang membuat Indonesia semakin cantik. Perbedaan membuat Indonesia menjadi istimewa.

Negeri cantik yang satu ini terlalu sayang untuk dilewatkan para wisatawan.  Singgahlah barang sebentar di Negeri ini. Jangan khawatir, pariwisata Indonesia sedang mengalami perkembangan dan tengah menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat. Jika diibaratkan sebuah buku dan Anda ingin 'membaca' halaman awal dari Indonesia (saya menyebutnya halaman awal karena Anda tidak akan bisa membaca Indonesia secara keseluruhan tanpa mengunjunginya langsung, melihat langsung kecantikannya dan merasakan langsung keindahannya), kunjungilah situs resmi pariwisata Indonesia, www.indonesia.travel dan Anda akan diajak mengeksplorasi halaman awal dari sebuah buku tebal berjudul Indonesia dari berbagai foto dan informasi yang ditampilkan.  Sehingga Anda akan berucap dalam hati : saya harus kesana!

Desain website dengan warna dominan hijau memberi kesan 'Indonesia banget' karena memang Indonesia terkenal dengan sebutan negeri agraris dimana sebagian besar penduduknya adalah petani dan warna hijau pada website membuat kita bisa membayangkan hijaunya sawah yang terdapat di Indonesia. Desain minimalis sangat cocok disandingkan dengan berbagai foto-foto kecantikan destinasi wisata di Indonesia. Hanya pada bagian bawah laman terkesan terlalu 'ramai' dengan adanya informasi event, berita utama, dan terstimoni para orang terkenal, sehingga tampak menumpuk. Sebaiknya berita utama tidak perlu ditampilkan di halaman awal. Akan lebih terlihat elegan jika halaman awal hanya terdapat tayangan slide berbagai dsetinasi wisata juga event-event penting yang akan dihelat dalam waktu dekat. Tak lupa aktivitas sosial media dengan akun @indtravel juga page Facebook Indonesia.Travel menjadi sangat penting untuk membagi informasi kepada para wisatawan secara real time. Kita bisa saling berbagi informasi mengenai destinasi wisata di Indonesia lewat akun twitter dan page Facebook tersebut, entah itu berupa kuliner ataupun surga-surga tersembunyi di Indonesia yang belum banyak diketahu orang.

Informasi konten yang disajikan cukup lengkap meskipun masih berupa informasi umum dan untuk beberapa destinasi wisata tertentu bisa dibilang kurang lengkap. Sebagai contoh informasi tentang destinasi wisata di Sulawesi Tengah, pulau Poyalisa. Informasi wisata di pulau itu memang cukup sulit didapat, terutama dalam hal nomor kontak yang bisa dihubungi karena tidak ada sinyal telepon disana. Saya pernah sekali kesana dan merasakan sulitnya menemukan informasi tentang pulau itu di internet. Tapi itu tidak menjadi halangan karena foto-foto yang ditampilkan lebih dari cukup untuk bercerita kepada Anda bahwa Anda harus datang berkunjung kesana apapun yang terjadi. Karena sebuah foto mampu menerjemahkan banyak hal yang sulit diterjemahkan dalam bentuk kata-kata selain sebuah kalimat sederhana : Indonesia adalah Negara yang cantik dan Poyalisa adalah surga tersembunyi yang wajib dikunjungi.

Daya Tarik Wisata yang disajikan pada situs indonesia.travel akan lebih lengkap lagi bila pada setiap destinasi wisata diberi tempat untuk setiap testimoni dari orang-orang yang pernah berkunjung kesana sehingga pengunjung website bisa membuat pertimbangan dari berbagai testimoni yang mereka baca. Sebagai perbandingan saya mengambil contoh website TripAdvisor yang berisi sangat banyak informasi dari orang-orang yang pernah berkunjung ke suatu destinasi wisata sehingga informasi yang ditampilkan lebih beragam. Akan banyak info-info kecil yang bisa kita temukan dan mungkin akan menjadi info yang sangat berarti bagi orang lain. Setiap orang bisa memberi review sesuai sudut pandang mereka, apa yang mereka alami langsung entah itu berupa review positif maupun kritikan sehingga bisa menjadi masukan yang sangat berarti bagi para pengelola tempat wisata, pemerintah dan wisatawan itu sendiri.

Selain itu, akan lebih berwarna dan beragam bila kontributor website berasal dari berbagai kalangan dan daerah. Bukankah saat ini sudah sangat banyak blog tentang jalan-jalan yang ditulis oleh para wisatawan yang memberi informasi tentang pariwisata Indonesia dengan sudut pandang mereka sendiri. Bagaimana jika seluruh informasi, tips, dan kisah mereka dikumpulkan ke dalam situs resmi pariwisata Indonesia dengan tentu saja setelah melewati proses editing. Karena duta pariwisata terbaik adalah mereka para anak-anak daerah yang sangat mengenal pariwisata daerah mereka sendiri atau para petualang yang benar-benar merasakan langsung kearifan lokal warga dan menyajikannya dalam bentuk tulisan di blog pribadi mereka. Tulisan-tulisan mereka dapat ditampilkan setiap satu pekan sekali atau sebulan sekali.

Kolom Update News memudahkan para wisatawan untuk mengetahui event-event yang akan diadakan di suatu daerah sehingga mereka bisa merencanakan waktu kunjungan mereka di Indonesia agar bertepatan dengan sebuah event tertentu. Karena selain daya tarik alam, Indonesia juga memiliki daya tarik seni budaya yang tak terhitung banyaknya di tiap daerah.

Interaktifitas pengelola akun sosial media patut dihargai karena cukup sering berbagi informasi melalui akun twitter. Dan tentu saja quiz menjadi salah satu daya tarik website tersebut seperti quiz Treasure Hunt yang cukup seru dengan hadiah yang sangat menarik bagi para wisatawan yang ingin 'membaca' Indonesia secara keseluruhan.

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Indonesia dan jatuh cintalah pada kecantikannya dan keramahan penduduknya. Indonesia adalah hamparan keindahan yang dihadiahkan Tuhan untuk dunia. Dan sekelumit tentang surga bisa Anda temukan disini.

You Might Also Like

0 komentar