Test Kepribadian

Baru saja saya mengikuti test kepribadian di sini. Entah kenapa saya tiba-tiba ingin mengetahui kepribadian seperti apa yang saya miliki. Ada 4 kepribadian manusia; koleris, melankolis, sanguinis dan plegmatis. Ternyata saya berkepribadian melankolis -______-"

Iya juga sih. Setelah saya membaca penjelasan tipe orang berkepribadian melankolis saya menemukan paling tidak 90% kesamaannya dengan karakter saya.

Ini dia penjelasannya :

Melankolis
KEKUATAN:
* Analitis, mendalam, dan penuh pikiran
* Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal
* Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis)
* Sensitif
* Mau mengorbankan diri dan idealis
* Standar tinggi dan perfeksionis
* Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi)
* Hemat
* Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif)
* Kalau sudah mulai, dituntaskan.
* Berteman dengan hati-hati.
* Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
* Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi
* Sangat memperhatikan orang lain

Err...tapi kayanya saya tidak terlalu kreatif deh. Gimana mau dibilang kreatif kalau setiap ada hari libur hanya saya manfaatkan buat tidur :p

Kelemahan tipe Melankolis
* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
* Mengingat yang negatif & pendendam
* Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
* Hidup berdasarkan definisi
* Sulit bersosialisasi
* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya
* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)
* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
* Memerlukan persetujuan

Saya beri nilai 100 untuk kelemahan yang saya cetak tebal di atas. Haha... saya memang orang yang paling tidak tahan kritik, makanya saya berusaha menghindari konflik. Dan berkali-kali saya berusaha meyakinkan diri saya kalau orang yang tak tahan kritik pantas masuk tong sampah (Soe Hok Gie). Hal itu sedikit melegakan saya dan membuat saya mau menerima - meski masih sedikit - kritik dari orang lain. Saya juga orang yang tidak suka kalah dalam debat makanya lebih memilih diam kalau harus berdebat dalam hal yang kurang saya kuasai.

Tapi ternyata selain melankolis, saya punya sedikit sisi plegmatis (entah ini kabar baik atau buruk). Sepertinya kombinasi kedua kepribadian ini tidak begitu menggembirakan. Melankolis terlalu berseberangan dengan plegmatis dan saya merasa seperti punya kepribadian ganda -_____-"

Well, setidaknya sekarang saya tahu darimana saya mendapatkan segala drama dalam hidup saya itu. Melankolis itu beda-beda tipis sama drama queen. Tapi saya seorang drama queen yang tidak total.

Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Saya dan Tahun 60-an

I (Don't) Love My Boss (Part I)

Pierre Tendean (Lagi-lagi)